RSS

Remaja dan Kehidupannya.

Memulai kehidupan sebagai seorang remaja bagaikan memasuki sebuah fase baru dalam kehidupan. Kata orang, masa remaja adalah masa pubertas atau masa transisi (peralihan) dari kehidupan dan pola pikir anak-anak menjadi seorang dewasa yang dapat berpikir lebih dalam.
Dalam budaya Amerika, periode remaja yang penuh dengan perubahan dan gejolak disebut sebagai masa storm and stress. Dimana keadaan tersebut sering diliputi oleh kelabilan dan masa-masa emosional.
Gak cuma perubahan psikologis, dalam masa puber terjadi pula sebuah perubahan pada fisik kita.




Kapan masa itu datang?

nah ini lah hal paling penting yang perlu diketahui. Menurut Kanopka, seorang ahli psikologi di negara barat sana, masa pubertas adalah ketika seorang memasuki usia 12 tahun dan berakhir di usia 21 tahun. Masa ini pun dibagi dalam 3 fase besar :
  • remaja awal (12-15th)
  • remaja pertengahan (15-18 th)
  • remaja akhir (19-22th)
kebanyakan masa pubertas mengalami puncaknya pada umur 15-18 tahun. dimana mereka lebih senang 'unjuk gigi' dan terlihat berbeda, bahkan beberapa mungkin ada yang melakukan hal menyimpang (hiiii takut!) :(.


Apa yang terjadi?

Menurut Pak Sarlito Irawan, seorang psikolog tersohor di Indonesia, ternyata di negara kita usia remaja terjadi lebih dini yaitu usia 11 tahun. sedangkan batas akhirnya ialah pada usia 24 tahun. Ini terjadi akibat faktor budaya dan geografis masing-masing daerah dan negara, teman-teman.
Biasanya pada masa puber, ada dua pendekatan yang terlihat jelas. Pertama, dilihat dari segi kejiwaannya. Kedua, dari segi fisiknya. Tentu yang lebih terlihat adalah perubahan pada segi fisik dong. Bagi laki-laki kebanyakan mereka akan mengalami sebuah 'mimpi basah' dan perempuan akan mengalamu menstruasi atau haid.

perubahan fisik yang paling pertama terjadi pada laki-laki adalah perubahan bentuk pada beberapa bagian tubuh. umm misalnya bahu makin melebar, dada membidang dan terbukanya sejumlah otot pada tubuh bagian atas. khususnya pada umur 12-14 tahun sebagian laki-laki akan mengalami pembesaran payudara. tapi tenaaaaaaang...... :) itu akan hilang dalam beberapa bulan saja. hehe (fiuhh lega!) tidak hanya itu pita suara pun mengalami perubahan yang mengakibatkan suara semakin nge-bass dan tumbuh bulu-bulu halus pada beberapa bagian tubuh.

begitupun dengan remaja wanita, mereka akan mengalami perubahan pada pita suara yang menjadi lebih melengking dan bertambah besarnya bagian pinggul dan buah dada. Tidak ketinggalan bulu-bulu halus yang ikutan muncul dibeberapa bagian tubuh.


gelinya pada masa puber ini kita akan cenderung berketombe dan tumbuh jerawat! nah makanya kita harus selalu menjaga kebersihan tubuh kita, supaya tidak terlihat jorok. :)


love,
Pingu-Penguin
cup cup.



1 komentar:

friska mengatakan...

hyaaaaaa!!!!!!! paling ga suka ma bagian tumbuhnya bulu bulu halussss.. >:p

Posting Komentar