RSS

WiMax, Terobosan Berinternet dengan Jangkauan 8 Km.

Membuka halaman-halaman web seraya mengudap beberapa cemilan ringan dan ditemani segelas ice chocolatte di atas sofa comfy dalam sebuah library cafe, tampaknya sudah menjadi suasana umum dalam rutintas para remaja dan dewasa saat ini di kota-kota besar. Pemandangan orang-orang berlalu-lalang dengan menggenggam sebuah laptop atau mini notebook tmpaknya sudah sangat familiar bagi kita. Memang tak dapat dipungkiri keadaan ini dipicu oleh maraknya fasilitas internet nirkabel yang sudah menjamur di berbagai sarana umum di kota-kota besar khususnya Bandung.

Fasilitas internet nirkabel yang disediakan dengan (kebanyakan) cuma-cuma ini, sangat praktis untuk digunakan oleh para customernya. Hanya dengan mengaktifkan fitur Wifi pada laptop atau handphone kita, maka dunia maya dapat kita jelajahi sepuasnya. Tak pelak berbagai kafe atau tempat perbelanjaan berlomba-lomba memberikan fasilitas ini kepada para pengunjung sebagai salah satu daya tarik mereka. Namun terkadang bagi beberapa orang fitur Wifi ini sudah terasa tidak flexible lagi. mereka seolah diharuskan memesan beberapa makanan atau minuman untuk dapat menikmati fasilitas ini. belum lagi sarana Wifi yang disediakan di beberapa kampus ternama di Bandung. Sempitnya area jangkauan Wifi membuat, akses internet hanya dapat dinikmati hanya di beberapa spot tertentu.

Seolah menjawab segala keluh kesah itu, para ilmuwan tak berhentu melakukan inovasi. Kini teknologi Wifi sudah mengalami perkembangan dan muncullah WiMax. Dengan segala kelebihan yang dimiliki Wifi, WiMax hadir dengan meminimalisir kekurangan yang dipunyai Wifi. Jrenggg.. Jrenggg..!



Apa itu WiMax?

Menurut situs informasi wikipedia.or.id WiMax adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMax merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul . Bagi yang belum mengetahui apa itu backhaul. dapat melihat penjelasannya disini. :)


Pengembangan dari Apa ya WiMax Itu?

Dari sejumlah deskripsi yang memusingkan itu, intinya WiMax adalah pengembangan dari teknologi Wireless atau WLAN. Sejarah WLAN sendiri dapat kamu baca lebih lengkap disini :). atau sejarah lainnya dapat kamu baca lagi disini :). Standar BWA yang saat ini umum diterima dan secara luas digunakan adalah standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE), seperti standar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN), 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity (WiFi), dan 802.16 untuk jaringan Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX). jadi jelas WiMax jauh lebih cepat!



Pada jaringan selular juga telah dikembangkan teknologi yang dapat mengalirkan data yang overlay dengan jaringan suara seperti GPRS, EDGE, WCDMA, dan HSDPA. Masing-masing evolusi pada umumnya mengarah pada kemampuan menyediakan berbagai layanan baru atau mengarah pada layanan yang mampu menyalurkan voice, video dan data secara bersamaan (triple play). Sehingga strategi pengembangan layanan broadband wireless dibedakan menjadi Mobile Network Operator (MNO) dan Broadband Provider (BP). Perbandingan beberapa karakteristik sistem wireless data berkecepatan tinggi digambarkan oleh First Boston seperti yang tertera pada tabel di bawah ini :

Perbandingan Perkembangan Teknologi Wireless


WiFi 802.11g

WiMAX 802.16-2004*

WiMAX 802.16e

CDMA2000 1x EV-DO

WCDMA/ UMTS

Approximate max reach (dependent on many factors)

100 Meters

8 Km

5 Km

12 Km

12 Km

Maximum throughput

54 Mbps

75 Mbps (20 MHz band)

30 Mbps (10 MHz band)

2.4 Mbps (higher for EV-DV)

2 Mbps (10+ Mbps fpr HSDPA)

Typical Frequency bands

2.4 GHz

2-11 GHz

2-6 GHz

400,800,900,1700,1800,1900,2100 MHz

1800,1900,2100 MHz

Application

Wireless LAN

Fixed Wireless Broadband (eg-DSL alternative)

Portable Wireless Broadband

Mobile Wireless Broadband

Mobile Wireless Broadband


jadi kelihatan dong ya enaknya fasilitas WiMax, kalau jangkauan Wifi hanya sekitar 100 Meter, sedangkan WiMax bisa mencapai 8 Km! WOW! kebayang banget kaya apa enaknya dan mudahnya kita mengakses internet. selalin itu kecepatannya pun lebih cepat 50% dari layanan WiFi.

Namun tidak hanya sampai di situ saja. Sebagai teknologi yang berbasis pada frekuensi, kesuksesan WiMAX sangat bergantung pada ketersediaan dan kesesuaian spektrum frekuensi. Sistem wireless mengenal dua jenis band frekuensi yaitu Licensed Band dan Unlicensed Band. Licensed band membutuhkan lisensi atau otoritas dari regulator, yang mana operator yang memperoleh licensed band diberikan hak eksklusif untuk menyelenggarakan layanan dalam suatu area tertentu. Sementara Unlicensed Band yang tidak membutuhkan lisensi dalam penggunaannya memungkinkan setiap orang menggunakan frekuensi secara bebas di semua area. wah asyik ya!

Dampak Positif dan Negatif WiMax Apa ya?

(+)

Jelas banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari kehadiran WiMax ini. Dari sisi provider, para operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat, karena kemampuan WiMAX dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan tingkat kompatibilitas lebih tinggi. Selain itu, pasarnya juga lebih meluas karena WiMAX dapat mengisi celah broadband yang selama ini tidak terjangkau oleh teknologi Cable dan DSL.

WiMax juga dapat menjadi teknologi yang memudahkan kita mendapatkan koneksi internet yang berkualitas dan cepat. area coveragenya pun sangat luas dibandingkan WiFi, sehingga kita tidak hanya berpaku pada satu spot saja dalam melakukan browsing atau chatting. selain itu kita dapat ber-Internet murah, mudah, dan nyaman dengan kualitas broadband tanpa harus repot-repot. kita tinggal memasang PCI card yang kompatibel dengan standar WiMAX, atau tinggal membeli PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) yang telah mendukung komunikasi dengan WiMAX. Atau mungkin kita tinggal membeli antena portabel dengan interface ethernet yang bisa dibawa ke mana-mana untuk mendapatkan koneksi Internet dari BTS untuk fixed wireless. dan voila!

dalam segi efektifitas waktu dan kegiatan juga sangat membantu. Lagi pula dengan kehadiran WiMax ini lebih banyak sekolah-sekolah yang dapat menikmati fasilitas internet karena area coveragenya yang besar!

Pertukaran data dan komunikasi semakin mudah saja tentunya! :)


(-)

Dengan adanya WiMax yang berarea koneksi sangat besar, akan semakin sulit memantau penggunaan internet oleh segala usia. karena internet masih belum mempunyai portal kuat yang membatasi arus informasi untuk dikonsumsi oleh segmentasi tertentu. Selain itu, mudahnya komunikasi yang terjalin di dunia maya akan membuat masyarakat menjadi lebih pasif saat berinteraksi secara langsung dan lebih menyukai pertemanan lewat internet. jelas ini akan memunculkan budaya baru yang aneh dan kurang baik menurut kami.


Referensi

www.wimaxforum.org/

http://harzarimadian.blogspot.com/2009/02/dampak-dan-keuntungan-menggunakan.html

http://agniluthfi.blogspot.com/2008/04/sejarah-wireless.html

* semua situs diakses pada tanggal 6 Mei 2009 pk. 20.00









0 komentar:

Posting Komentar