RSS

Apa yang Bayi Lakukan Selama 9 Bulan di Kandungan ya?


kali ini kita akan membahas seputar perjalanan panjang sebuah sperma hingga berevolusi menjadi seorang bayi yang menawan. Nah kamu semua penasaran ga? bagaimana bisa seorang bayi bisa terbentuk dan terus bertambah besar di dalam perut ibu? nah perhatikan video berikut ya. kamu pasti takjub dan lebih menghargai lagi perjuangan ibu kita selama ini. :)


Janin usia Delapan Minggu>

Seluruh organ tubuh utama bayi telah terbentuk meskipun belum berkembang sempurna. Mata dan telinga mulai terbentuk. Jantung berdetak kuat. Dengan ultrasound kita dapat melihat jantung janin berdenyut.

Janin usia Duabelas Minggu

Panjang janin sekarang sekitar 6,5 cm dan bobotnya sekitar 18 gram. Kepala bayi menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan kaki terbentuk dan kuku mulai tumbuh. Bayi mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengannya, tetapi ibu belum dapat merasakan gerakan-gerakan ini.

Janin usia Enambelas Minggu

Panjang janin sekarang sekitar 16 cm dan bobotnya sekitar 35 gram. Dengan bantuan scan, kita dapat melihat kepala dan tubuh bayi, kita juga dapat melihatnya bergerak-gerak. Ia menggerak-gerakkan seluruh tungkai dan lengannya, menendang dan menyepak. Inilah tahap paling awal di mana ibu dapat merasakan gerakan bayi. Rasanya seperti ada seekor kupu-kupu dalam perutmu. Tetapi, ibu tidak perlu khawatir jika belum dapat merasakan gerakan ini. Jika si bayi adalah anak pertama, biasanya ibu agak lebih lambat dalam merasakan gerakannya.

Janin usia Duapuluh Minggu

Bayi masih berenang-renang dalam lautan air ketuban. Ia tumbuh dengan pesat, baik dalam bobot maupun panjangnya yang sekarang telah mencapai 25 cm, yaitu separuh dari panjangnya ketika ia dilahirkan nanti dan bobotnya sudah sekitar 340 gram. Bayi membuat gerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu. Mungkin ibu memperhatikan ada saat-saat di mana bayi tampaknya tidur, dan saat-saat lain di mana ia melakukan banyak gerak.

Janin usia Duapuluh Empat Minggu

Sekarang panjang bayi sekitar 32 cm dan bobotnya 500 gram. Ibu dapat merasakan bagian-bagian tubuh bayi yang berbeda yang menyentuh dinding perutnya. Otot rahim ibu meregang dan terkadang ibu merasakan sakit di bagian perutnya.

Janin usia Tigapuluh Minggu

Kepala bayi sekarang sudah proporsional dengan tubuhnya. Ibu mungkin mengalami tekanan di bagian diafrakma dan perut. Sekarang bobot bayi sekitar 1700 gram dan panjangnya sekitar 40 cm.

Janin usia Tigapuluh Enam Minggu

Bayi sudah hampir sepenuhnya berkembang. Sewaktu-waktu ia dapat turun ke rongga pinggul ibu. Kulit bayi sudah halus sekarang dan tubuhnya montok. Apabila ia bangun, matanya terbuka dan ia dapat membedakan antara terang dan gelap. Sekarang panjang bayi sekitar 50 cm dan bobotnya berkisar antara 2500 hingga 4500 gram.

Janin usia Tigapuluh Tujuh hingga Empatpuluh Dua Minggu

Bayi siap lahir. Ibu tidak perlu khawatir jika bayinya tidak lahir tepat pada waktu yang telah diperkirakan. Persentasenya hanya 5% bayi lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Waktu yang telah lama dinanti hampir tiba dan si bayi akan segera melihat dunia. Sementara itu, rambut lanugo (= rambut badan) bayi telah lenyap meskipun mungkin masih ada yang tersisa di punggung dan dahinya.



* referensi
http://yesaya.indocell.net/id571.htm
youtube.com
dr. Hanny Ronosulistyo, Sp.OG, M.M. dan Aam amirundin. 2004. Seks Tak Sekedar Birahi. Bandung : Percikpress
kembali ke halaman utama.

13 komentar:

Abreeeeee mengatakan...

SubHAnnaLLAh!!!
Saya Gak PErnah Tahu ProSesnya SampE SeDetiL ini Loh!!!
TrIma KAsih Yaaa PenGUin!!!
SaYA Jadi Memandang HuBungan SeksUal SeBagai SeSuatu Yang Lebih SAkRAl kaRena ProseS nya Yang Begitu AjAib dan PanjaNg

riecilrich mengatakan...

SUBHANNALLAH BGD!!!!!!

keren"!!!!!!!!!

rickaaaaa mengatakan...

SUBHANALLAH!!!!!!
jadi makin sayang sama ibu!!!!!
hehhehehhee



oia, koq bs dapet videonya???
waktu saya dapet tugas anatomi ttg embriologi, gaa dapet" . .

KEREN deh pkoknya!!!!!!!!!

Pingu-penguin mengatakan...

@ abre : iyaaaa makanya sekarang kalo memandang hubungan seksual jangna hanya sebagai simbol nafsu saja. tapi hubungan seksual memiliki arti yang lebih dalam dari pada itu. yaitu melahirkan keturunan yang sangat ajaib ini prosesnya :)

Pingu-penguin mengatakan...

@riechil : iyaaa kami pun kagum.

@ ricka : iya kebetulan di fecebook ada salah seorang teman yang mengupload, kemudian sy minta softcopy nya ricka. kalo butuh hubungi kami ya!:)

Lala Liliput mengatakan...

aaaahhhh mama!!! aku sayang mama!! hebat banget yaaa bisa sampe sgitunyahhhh

Anonim mengatakan...

smp nangis ngliat video nya.. sayaaaaang mama bgt!

Babas mengatakan...

wow!!! gue smpe merinding! ternyata dulu awal mula gue kayak gitu! parah bgt pas scene melahirkan!! gilaaaa

shelly mengatakan...

ALLAH SWT menciptakan proses terjadi manusia begitu sempurna . .

keren blognya ..

saya jadi makin berminat masuk Sp.obgyn..

Pingu-penguin mengatakan...

@lala: iyaaaa cepet cepet disayang mamanya yaa..

@anonim : wahduh mengena ya? tp nangis nya jgn sedih oke

Pingu-penguin mengatakan...

@babas: iya babas emng serem makanya perjuangan seorang ibu begitu besar kan.

Pingu-penguin mengatakan...

@shelly : ayoo shelly semangat jd Sp.obgyn nyaa yaa semoga sukses :)

joean hendryadi mengatakan...

satu..satu aku sayang ibu...

Posting Komentar