RSS

Pelecehan Seksual Ada di Sekeliling Kita


Menurut ahli, tindakan pelecehan seksual bisa bermacam-macam, seperti kejahatan, kekerasan seksual, maupun pencabulan secara fisik. Dampak yang diberikan pada korban ialah cedera pada genital, penyakit kelamin, dan pada anak perempuan yang sudah mengalami menstruasi dapat terjadi kehamilan.

Bahkan, yang sangat memprihatinkan lagi dampak psikologis pada korban. Seorang anak atau korbannya dapat berubah menjadi anti sosial, mengunci diri, dan pendiam. Bahkan, ketika ia mulai beranjak remaja dan dewasa perlahan-lahan dapat terjadi kelainan pada perilaku seksualnya.

Data dari United Nations International Childrens Fund (UNICEF) melaporkan 12.000 sampai 22.000 anak dan wanita dari berbagai daerah di Indonesia setiap tahun diperdagangkan atau menjadi korban pelacuran di dalam dan luar negeri.


Hampir setiap hari ada saja pemberitaan mengenai pelecehan seksual dan kejadian itu mungkin ada di sekeliling kita. Nach, agar kita dapat mengantisipasinya kamu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan pelecehan seksual dan apa tindakan kamu jika kamu melihatnya.Tidak mau kan kamu, keluarga, atau teman menjadi salah satu korbannya? Simak aja yang di bawah ini.

Pelecehan seksual itu apa ya?

Pelecehan seksual adalah setiap bentuk perilaku yang mengarah pada seks dan dapat dilakukan seseorang atau sekelompok orang. Wah! Seram juga ya. Namun, tindakan ini tidak disukai atau diharapkan oleh korbannya. Jadi, ada unsur pemaksaan pada tindakan ini.


Contoh dari Pelecehan Seksual Itu Apa?

Banyak sekali! Seperti siulan, lelucon cabul, meraba tubuh korban dengan maksud seksual, atau pemaksaan yang berujung dengan ancaman agar korban bersedia berhubungan seksual. Hiie! Seram!
Asal kamu tahu, tindakan perkosaan adalah tindakan pelecahan yang paling ekstrem! Wah, jangan sampai ya, kamu-kamu menjadi korban atau pun pelakunya!

Apa pelaku perkosaan hanya dilakukan oleh orang yang dikenal sebagai penjahat?

Tentu saja tidak. Perkosaan bisa saja dilakukan oleh orang yang kamu kenal, seperti teman, pacar, atau bahkan anggota keluarga sendiri. Bahkan, pada pasangan suami-istri dapat terjadi perkosaan, jika istri dipaksa untuk melakukan hubungan seksual.

Bagaimana cara mencegahnya?

Mudah saja! Sebab, semua ini tergantung dari sikap kamu sendiri. Kamu harus menunjukkan sikap tegas jika kamu tidak bersedia untuk dilecehkan. Nach, kamu sendiri jangan memancing untuk dilecehkan. Terutama untuk kamu para cewe! Jangan memakai pakaian yang dapat mengundang pelecehan.

Apa tindakan yang harus dilakukan jika kamu melihat pelecehan seksual?

Kamu harus menunjukkan sikap penolakan atau bahkan ancaman terhadap pelaku. Akan lebih baik jika kamu mengajak banyak pihak untuk bersama mengecam pelecehan. Sebab, pelaku pelecehan akan kapok melecehkan jika banyak orang yang tahu dan mengecamnya. Jadi, pada dasarnya pelaku harus diberikan efek jera seperti rasa malu dari masyarakat.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi perkosaan?

Segera laporkan ke polisi!


Sarannya, tunjukkan sikap tegas terhadap segala bentuk pelecehan, waspada jika berjalan ditempat sepi, berpakaian yang wajar, dan untuk kamu para cewe alangkah baiknya jika selalu menyediakan senjata di dalam tas, seperti semprotan cabe atau deodoran semprot.

Untuk penjelasan lebih lengkap kamu dapat mengklik video kami bersama Psikolog Fredrick Dermawan Purba di samping ini, Enjoy!:)



*referensi
Hermawan, Didik. 2004. Ngerumpi Seks, Yuk! Solo: Smart Media
video

22 komentar:

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

serem ih pelecehan seksual. ternyata tanpa kita sadari ada dimana mana yaa.

stagnansi rasa dan asa mengatakan...

inovasi nih ..
memperluas pendidikan berbau seks (yang masih dianggap tabu oleh sebagian besar orang) menjadi sebuah pendidikan dini ..

Bindy Windy mengatakan...

wow.

kalau pacar saya maksa nyolek nyolek sy pelecehan dong ya????

hahahaha rennnn kamu aku laporin polisi yaaa.

Hani, Ken, Rachmi mengatakan...

pelecehan seksual terhadap perempuan emg kerap terjadi, termasuk di dalam bus atau kereta yg berdesak-desakan. ati2 aja para perempuan, belajar karate dr sekarang, haha

Pingu-penguin mengatakan...

kalo kamu tidak merasa kebertan untuk dicolek itu bukan pelecehan.

Pingu-penguin mengatakan...

yup! lebih baik, wanita di zaman sekarang harus memiliki kemampuan bela diri.

rocket blog-lifestyle mengatakan...

waw pelecehan seksual...

serem banget...

Pingu-penguin mengatakan...

@ stagansi rasa dan asa : iyaa terimakasih yaa. semoga bisa menambah pengetahuan kamu. kalo ada yg belum jelas segera tanyakan yaa. akan kami update infonya buat kamu :)

Pingu-penguin mengatakan...

@rocket : memangs sangat menyeramkan! makanya seperti kata Bang JQ, kita harus lapor pd pihak yg berwenang bila telah dilecehi secara seksual oleh orang lain! :)

rickaaaaa mengatakan...

(pada suami istri bisa terjadi pemerkosaan. jika istri dipaksa melakukan hubungan suami istri)
berarti suaminya ga bisa ngerti ya??? hehhehhehehe

setau saya emang sudah kewajiban sang istri untuk melayani . tapi sang suami juga harus mengerti keadaan istri..
kan ada waktu tertentu dmn suami istri gaa boleh melakukan suatu hubungan ...disaat istri sedang menstruasi ...

betul gaa sih?????

Pingu-penguin mengatakan...

@ ricka : betulll sekali sayang! :)
menurut medis dan agama bersenggama saat menstruasi itu berbahaya dan haram.

Cikicikii bomSbOms mengatakan...

artikel yang menarik! edukatif sekali! keep the goodwork!

Wira Pratama mengatakan...

hmm..
klo kata bang napi sih,,,
kejahatan itu bukan karna ada niat pelakunya,,tp jg krn ada kesempatan...
jadi buat cewe2 (krn yg suka jd korban para cewe),,jgn mengumbar aurat,,soalnya itu sama aja ngasi kesempatan buat org2 berniat melecehkan kita secara seksual...
nice post!!

shelly mengatakan...

tips membawa deodorant semprot boleh juga tuh ..
=)

tapi bagi perempuan juga harus bisa menyesuaikan pakainnya, supaya ga mengundang hawa nafsu sang pria..
hehhehe

Pingu-penguin mengatakan...

@ciki : thanks yaaaa

Pingu-penguin mengatakan...

@ wira pratama : betul bgt! jd buat para wanita jaga penampilan yaa.. karena itu ngaruh banget! thanks yaa wira komennya!:)

Pingu-penguin mengatakan...

@ shelly : iya shel ide yang bagus tuh! hehe

joean hendryadi mengatakan...

waspada..kanan kiri atas bawah..
kejahatan bukan ada karena ada niat..tetapi karena ada kesempatan..WASPADALAH..WASPADALAH...

arLy mengatakan...

ihhh seremmm....pelcehan seksual.
sebagai perempuan, kita harus ngejaga dan jangan mengundang "minat" para lelaki, supaya ga ada kesempatan untuk terjadinya hal tersebut.

eneng khodi mengatakan...

kalo misalnya disuitin terus dibilangin, "eneng geulis!" sama cowok terus aku risih aja udah masuk pelecehan ya? waaaah. berarti aku dan temen temenku sering banget dilecehin dong?
btw kang pingu, blognya aku promosiin di blog aku ya! biar temen-temen pada tau juga :D

Anonim mengatakan...

makanya pake jilbab yang syar`i dooooong

Anonim mengatakan...

Wah ternyata di kereta dan tempat2 ramai dan sepi tidak aman utk wanita, apalagi cuantiq...bakalan digodain...hati2...Itu juga..di kereta2, "rudal" cowok pada berdiri utk 'nusuk" vagina lewat pantat cewe..hati2.

Posting Komentar